Cobalah 8 Ramuan Obat Alami untuk Hilangkan Jerawat

JawaPos.com – Jerawat membandel memang merusak penampilan. Tak jarang, perawatan dengan produk kecantikan tidak juga manjur mengusir jerawat pada wajah. Tapi, ada lho beberapa bahan alami yang dipercaya bisa mengusir jerawat.

Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa membuat obat jerawat sendiri di rumah yang terbilang aman karena menggunakan bahan alami. Setidaknya ada 8 ramuan obat jerawat yang dapat dibuat dengan mudah, dilansir dari Reader’s Digest, Rabu (5/12).

1. Teh Hijau

obat jerawat,Teh hijau memiliki senyawa antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu melawan jerawat. (Istimewa)

Teh hijau memiliki senyawa antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu melawan jerawat. Untuk mendapatkan efeknya, gunakan secangkir teh hijau yang didinginkan sebagai pencuci wajah atau letakkan kantong di atas permukaan kulit yang berjerawat.

2. Madu

Sifat antibiotik madu dapat membantu memperbaiki jerawat. Oleskan satu sendok teh madu ke area jerawat, atau buat masker dengan mencampur madu dan oatmeal polos kemudian biarkan selama 30 menit.

3. Daun Mint

Mint dapat membantu menghilangkan minyak penyumbat pori. Untuk membantu membersihkan jerawat, campurkan 2 sendok makan mint segar cincang halus dengan dua sendok makan masing-masing yogurt tawar dan oatmeal (gunakan blender untuk melumatkan oatmeal menjadi bubuk). Biarkan ramuan di wajah Anda selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

4. Aspirin

Salicylic Acid dalam aspirin adalah obat jerawat, dan aspirin dapat mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan. Untuk mengambil keuntungan untuk mengobati jerawat, buatlah pasta dengan menumbuk aspirin dan campur dengan sedikit air, atau larutkan empat pil dalam 2 sendok makan air.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal karena sifatnya yang dapat menghilangkan luka bakar, dapat meningkatkan penyembuhan, melawan infeksi, dan bahkan mengurangi jerawat. Gosok gel lidah buaya untuk mengatasi jerawat. Anda juga dapat membeli gel lidah buaya dengan kandungan lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

6. Lemon

Lemon bertindak sebagai pengelupas kulit, eksfoliate, dan disinfektan untuk mengurangi munculnya bekas luka dan mencegah pembentukan jerawat baru. Pada wajah yang telah bersih, oleskan jerawat dengan kapas yang dicelupkan ke perasan air lemon, lalu bilas dengan air dingin.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung malic dan lactic acids yang dapat mengelupas kulit, mengurangi kemerahan, dan mengobati jerawat. Untuk toner DIY, campurkan cuka sari apel dan air dalam jumlah yang sama. Lalu aplikasikan ke kulit dengan kapas. Pastikan untuk mengocoknya sebelum digunakan.

8. Kapsul Omega-3

Asam lemak Omega-3 memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan jerawat. Dapatkan manfaat dari mengambil kapsul multinutrisi yang mengandung minyak ikan, atau tambahkan lebih banyak salmon, tuna albacore, biji rami, dan kenari untuk diet Anda.

(ce1/Inr/JPC)